Seksio sesarea atau Persalinan Pervaginam Sebuah Pilihan

Seksio sesarea atau Persalinan Pervaginam

Sebuah Pilihan

Ada dua pilihan persalinan:

Seksio Sesarea dan Persalinan Pervaginam. Kedua pilihan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, tidak ada yang betul-betul sempurna. Dengan kemajuan teknologi kedokteran saat ini. sebagian besar kekurangan sudah dapat diatasi.

Persalinan pervaginam adalah persalinan bayi secara alamiah melalui vagina atau jalan lahir ibu. Bedah sesar disebut juga seksio sesa (sc)proses kelahiran melalui pembedah, Penbedahan dilakukan pada perut ibu untuk mengeluarkan janin. Tindakan pembedahan ini umumnya isukan bila proses proses persalinan normal melalui vagina tidak dapat dilakukan atau  berisiko. Persalinan pervaginom menguntungkan dalam hal. bayi lebih larang monderita kondisi kosulitan bernafas tertentu yang disebut Transient Tachypnea of the Neonate (TTN) Ini karena adanya tekanan selama melalui jalan lahir membantu mengeluarkan cairan berlebihan dari paru-paru bayi. Dari beberapa penelitian bayi yang dilahirkan melalui pervaginam. juga terbukti lebih sedikit menderita alergi terhadap makanan atau intoleransi laktosa (protein pada susu sapi) karena paparan hay terhadap bakteri komensal (bakteri baik’) pada lahir ibu.

Pada kehamilan aterm (saat usia kehamilan matang) bayi siap untuk dilahirkan. Proses persalinan membutuh waktu Salah satu risik yang perlu diperhatikan pada persalinan pervaginam adalah bila persalinan tidak mengalami kemajuan seperti yang diharapkan Kemungkinan bayi menderita distress dan kekurangan oksigen, juga trauma fisik akan meningkat.

Kecemasan ibu pada saat persalinan pervagmam adalah kerusakan otot dasar panggul yang mengarah ke inkontinenua unndan fekal(ketidakmampuan untuk menahan saat berkemih dan detekau) Risiko mi meningkat pada persalinan bayi besar dan persalinan lama.

Bedah sesar yang dilakukan secara terencana memang mengurangi nsifco yang mungkin ter»adt pada persalinan pervagmam seperti robekan ialan lahir, inkontinerwa urin dan fekat Ibu dapat momastikan tanggal persalinan tanpa kecemasan berlebihan saat menanti janin lahir secara alami Untuk janin, akan terhindar dan distress dan kekurangan oksigen yang terjadi pada persalinan lama Bila bayi ternyata lebih besar daripada taksiran berat sebelumnya, dia t idah akan mengalami trauma akibat penggunaan alat bantu persalinan seoerti vakum ataupun sendok forsep

Bedoh sesar terencana jauh lebih aman daripada bedah sesar emergensi/daru’at Bedah sesar yang dilakukan secara darurat artinya bahwa ibu ataupun bayi telah mengalami komplikasi (keadaan buruk) dan persalinan Keadaan mi terjadi antara lain akibat infeksi, perdarahan, kelelahan sehingga teriadi persalinan yang macet

Bedah sesat mutlak diperlukan meskipun risiko meningkat. Bedah sesar merupakan tindakar bedah skala besar, karena itu tet berisiko Risiko pada «bu meliput infeksi, perdarahan, gangguan fase pemulihan sampai kemungkinan cedera kandung kemih Kematian ibu sangat jarang terjadi dan pada kasus-kasus darurat, diakibatkan karena penyakit yang telah mendasar sebelumnya

KESIMPULAN
Seksio sesarea atau Persalinan Pervaginam
Ada dua pilihan persalinan: Seksio Sesarea dan Persalinan Pervaginam. Kedua pilihan ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, tidak ada yang betul-betul sempurna. Dengan kemajuan teknologi kedokteran saat ini. sebagian besar kekurangan sudah dapat diatasi.

SUMBER                                   : HEALTH FIRST Magazine
LIHAT ARTIKEL LAINNYA        : Kekebalan dari Diri Sendiri

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *