Serangan jantung berulang kembali

 

Yang paling sering terjadi, serangan jantung berulang kembali baik sehabis operasi bypass koroner jantung atau setelah dipasang cincin koroner. Kejadian ini sejatinya tidak perlu terjadi bila pasien mewaspadai bakal munculnya serangan berulang karena masih bisa dicegah.

Serangan jantung berulang kembali

Serangan jantung berulang kembali

Bahwa orang dengan riwayat penyumbatan pembuluh darah jantung koroner, berarti seluruh pembuluh koronernya membawa risiko sama, yakni sudah tidak sehat lagi. Bahwa belum seluruh pembuluh koroner mengalami sumbatan, itu cuma soal waktu. Pada pasien yang sudah pernah mengalami serangan jantung koroner, masing-masing cabang koronernya sebetulnya sudah berbakat tersumbat.

Artinya, semua pembuluh koroner pada yang sudah pernah ada riwayat serangan koroner, berpotensi tersumbat. Jadi apabila bakat tersumbat koronernya dibiarkan tetap berisiko, maka hanya soal waktu pada cabang pembuluh koroner lain suatu saat akan tersumbat pula.

Pada saat sumbatan pada koroner lain itu teijadi, maka Serangan jantung berulang kembali. Serangan jantung ini bisa oleh tersumbat ulangnya pembuluh yang pernah dioperasi bypass atau yang sudah dipasang cincin koroner, bisa juga sumbatan pada pembuluh koroner lainnya.

Satu hal perlu diingat bahwa pemasangan cincin koroner atau stent tidak menjamin 100 persen koronernya tidak bakal tersumbat kembali. Tergantung jenis stent, dan seberapa rentan respons pembentukan plaque lemak pada dinding pembuluh koronernya. Jenis stent yang dilapisi obat (eluted-stent) lebih kecil kemungkinan tersumbat ulang dibanding stent polos tanpa obat.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menaril lainnya : Apa yang dimaksud dengan Latihan Kardio

banner smartdetox bawah baru

Baca Juga Yang satu ini ...
Sleep Apnea Adalah

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *