Serangan Tanpa Gejala Yang Diam-Diam Mematikan

 

Hanya saja Harapan baik ini pada seluruh kasus hanya sedikit, yaitu kurang dari 20%. Bagi pasien dengan kanker yang masih berukuran kurang dari 2 centi meter, tanpa ada penyebaran ke kelenjar getah bening, oprasi pengangkatan kanker dapat menyelamatkan penderita setidaknya sampai 5 tahun. Kemungkinan ini bisa mencapai 18-24%.

Seperti sudah di singgung sebelumnya, ada beberapa factor resiko yang bisa memicu kanker pankreas, misalnya penuaan, kebiasaan merokok, menderita kencing manis (diabetes), keturunan yahudi Ashkenazi, mutasi genetic BRCA, usia di atas 50 tahun, obesitas dan kurang olah raga. Penyakit diabetes mellitus memicu 6-7 resiko lebih tinggi daripada yang tidak kena penyakit ini. Hal ini karena terdapat gen factor transkripsi yang memicu kanker pankreas.

Untuk mencegahnya, disarankan untuk menjalani pola hidup sehat. Terutama mereka yang mempunyai anggota keluarga yang mempunyai riwayat kanker pencernaan, dan anggota keluarga yang punya riwayat kanker pankreas dianjurkan untuk melakukan skrining.

Pada beberapa kasus selain kanker atau tumor pankreas, pankreas memang bisa diangkat, tapi harus terus dipantau karena beresiko menjadi penyakit diabetes mellitus, karena pankreas sebagai penghasilan insulin sudah tidak ada.

Serangan Tanpa Gejala Yang Diam-Diam Mematikan

Serangan Tanpa Gejala Yang Diam-Diam Mematikan

Kanker pankreas dapat menyebar

Kanker pankreas sering sepat menyebar, dan pada banyak orang tidak terdeteksi hingga mencapai stadium lanjut saat operasi pengangkatan tidak mungkin lagi di lakukan. Ketika kanker pankreas menyebar, ia biasanya berjalan melalui sistem limpatik. Sistem limpatik mencakup suatu jaringan dari saluran-saluran halus yang bercabang, seperti pembuluh-penbuluh  darah, ke dalam jaringan-jaringan di seluruh tubuh. Sel-sel kanker di bawa melalui pembuluh-pembuluh oleg getah bening, suatu cairan air yang tidak berwarna yang membawa sel-sel yang melawan infeksi.

Sepanjang jaringan-jaringan pembuluh limpatik ada kelompok-kelompok dari organ-organ kecil yang berbentuk seperti kacang yang disebut simpul-simpul (nodul) getah bening. Ahli-ahli bedah sering mengangkat nodul-nodul gelah bening dekat pankreas untuk mempelajari apakah meraka mengandung sel-sel kanker. Kanker pankreas yang menyebar ke organ-organ lain disebut kanker pankreas metastatik.

Tahap awal sulit didiagnosis, berkembang hampir tanpa gejala

Ketika pankreas sulit diagnosis pada stadium awal karena hamper tanpa gejala, sedangkan pengamatan fisik dan tes darah seringkali menunjukkan hasil normal.

Penderita kanker pankreas biasanya menunjukkan gejala umum seperti demam tinggi, berat badan turun, serta sakit perut. Bila kanker menyebar, sakit berkembang dibagian perut atas dan kadang ke punggung. Saat makan atau berbaring tambah sakit.

Karena itu, penderita akan mual, kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan dan lemah. Selain itu, karena kanker di kepala pankreas bisa berhubungan dengan pembuangan pada empedu (cairan pencernaan yang dihasilkan oleh hati) ke dalam usus kecil, jaundice (perubahan warna kuning pada kulit dan warna putih pada mata) yang disebabkan penyumbatan aliran empedu biasanya menjadi gejala awal.

Jaundice itu disertai rasa gatal di seluruh tubuh akibat penyimpanan Kristal garam empedu di bawah kulit. Muntah bisa diakibatkan dari hal-hal ketika kanker dikepala pankreas menyumbat aliran pada isi perut ke dalam usus kecil (penyumbatan pada saluran lambung) atau penyumbatan usus kecil.

Gejala pertama biasanya juga ditunjukkan dengan rasa sakit dan kehilangan berat badan. Pada waktu diagnosis, 90% orang mengalami rasa sakit hebat pada perut bagian atas yang tembus ke bagian belakang serta kehilangan berat badan yang signifikan.

Visit : www.Smartdetoxsynergy.com

Sumber : Agar pankreas sehat oleh Pangkalan ide

Baca artikel menarik lainnya : Orang Kurus Bisa Serangan Jantung Juga

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *