Sistem Kekebalan Tubuh dari Diri Sendiri

Kekebalan dari Diri Sendiri

Meskipun merupakan keajaiban alam saat mempertahankan tubuh dari serangan luar. sistem ini iuga mampu menyerang, jaringan yang dirancang untuk melindungi tubuh. Proses penghancuran diri ini umumi ditemukan pada semua penyakit autoimun, seakan-akan tubuh sedang melakukan bunuh diri.

Salah satu mekanisme dasar dari perilaku merusak diri sendiri ini disebut mimikri molekul. Kadang beberapa penyerang asing yang akan diham urkan oleh sel praiuril kita memiliki waiah menyerupai sel kita sendiri. “Jiplakan” sistem kekebalan tubuh kita yang sesuai dengan si penyerang, juga sesuai dengan sel kita sendiri. Pada beberapa keadaan, sistem kekebalan tubuh akan menghancurkan apa saja yang sesuai dengan jiplakan yang ia ciptakan. termasuk sel kita. Proses penghancuran diri yang sangat rumit ini melibatkan banyak strategi berbeda dari seluruh bagian sistem kekebalan tubuh, yang melakukan kesalahan fatal yang sama dengan tidak mampu membedakan protein penyerang “asing” dengan protein tubuh kita sendiri.

Lantas, apa hubungan semua ini dengan makanan yang kita konsumsi? Ada kemungkinan antigen tersebut terkandung dalam makanan. Contohnya, selama proses pencernaan, beberapa protein menyelinap dari saluran penicrnaan ke aliran darah tanpa benar-benar terurai seluruhnya meniadi asam amino. Sisa-sisa protein yang tidak tercerna ini dianggap musuh oleh sistem kekebalan tubuh. Sistem imunitas akan mulai membuat iiplakan untuk menghancurkan protein tersebut, dan sekaligus, memulai langkah awal dalam proses penghancuran diri autoimun.

Salah satu jenis makanan yang banyak menyuplai protein asing yang serupa dengan protein tubuh kita sendiri adalah susu sapi. Kebanyakan waktu, sistem kekebalan tubuh cukup cerdas. Seperti tentara yang memiliki sistem pengamanan untuk melindungi anggotanya dari diserang teman sendiri, sistem kekebalan tubuh juga memiliki pengamanan untuk menghentikan serangan pada tubuh yang seharusnya dilindungi. Meskipun antigen yang menyerang tampak serupa dengan sd dalam tubuh kita. sistem imunitas masih dapat membedakan sel tubuh dari antigen jahat. Kenyataannya, sistem kekebalan tubuh terkadang menggunakan sel kita sendiri untuk berlatih membuat jiplakan melawan antigen jahat tanpa benar-benar menghancurkan sel yang baik tersebut.

Hal ini dapat dianalogikan dengan kamp pelatihan untuk persiapan perang. Saat sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. kita dapat menggunakan sel dalam tubuh yang menyerupai antigen sebagai bahan latihan. Ini dilakukan tanpa menghancurkan sel yang digunakan untuk latihan tersebut. Tujuannya untuk mempersiapkan sel prajurit agar dapat menangkis serangan antigen. Ini adalah sebuah contoh’ dari keindahan kemampuan alam mengatur dirinya.

Sistem kekebalan tubuh menggunakan proses sangat halus untuk memutuskan protein mana yang harus diserangdan yang dibiarkan.” Bagaimana proses yang sangat kompleks ini runtuh menjadi penyakit autoimun masih belum dipahami. Kita hanya tahu bahwa sistem imunitas kehilangan kemampuannya membedakan sel tubuh dan antigen, dan bukan sekadar menggunakan sel tubuh sebagai “latihan” tetapi sistem kekebalan tubuh )uga menghancurkannya bersama-sama sel asing.

 

 

KESIMPULAN
Sistem Kekebalan Tubuh dari Diri Sendiri Kita hanya tahu bahwa sistem imunitas kehilangan kemampuannya membedakan sel tubuh dan antigen, dan bukan sekadar menggunakan sel tubuh sebagai “latihan” tetapi sistem kekebalan tubuh )uga menghancurkannya bersama-sama sel asing.

 

SUMBER                                           : RAHASIA SEHAT ORANG CHINA
LIHAT ARTIKEL LAINNYA        : Raw Foods Vs Cooked Foods

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *