Sleep Texting

Bangun Tidur Buka HP, Waspadai “Sleep Texting”

Siapa yang bangun tidur langsung membuka handphone atau gadget, daripada mencarl yang lain? Langsung buka-buka bahkan menulis sesuatu? “Hati-hati. Jangan-jangan sebenarnya Anda masih tertidur,” ujar Andreas Prasadja RPSGT, dokter yang mendalami bidang tidur.

Celakanya. saat menulis sesuatu tersebut, kata Andreas, sebenarnya orang tersebut masih dalam kondisi “tidur”. Karena masih tidur. bisa Jadi apa yang ditulis tidak sesuai dengan apa yang dipikirkan seperti ketika dalam keadaan segar.

“Pemah ada kejadian, seseorang itu membalas email Isinya menjelek-jelekkan bosnya. Keesokan paginya baru sadar bahwa email itu dikirim ke bosnya. Bisa dibayangkan masalah apa yang akan dihadapi oleh orang tersebut,” ujar dokter dari Rumah Saklt Mitra Kemayoran ini.

Apa yang dilakukan sesporang tersebut dengan menulis atau membalas pesan di handphone atau gadget lain merupakan salah satu gangguan tidur. Ada sekitar 100-an gangguan tidur, antara lain, tidur sambil beijalan (sleep walking), mendengkur. mengigau, sleep apnea (berhenti bernafas saat tidur), dan sleep texting.

Sleep texting ini sudah mulai mewabah di beberapa negara. Seiring penggunaan gadget yang semakin meluas dan tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Apa itu sleep textiruf? Hal ini berkaitan dengan kebiasaan masyarakat saat ini yang tidak ingin jauh dari handphone. Perangkat gadget selalu dibawa sampai mau tidur pun seakan tidak ingin dilepas.

Ketika tengah malam atau subuh terbangun langsung yang dicari handphone. Langsung membukabuka apakah ada pesan yang masuk. Baik short message service (SMS), BlackBerry Message (B£M), atau email.

Saat ada pesan yang masuk. orang tersebut lalu menja-wab. Setelah menjawab pesan. orang tersebut lalu tertidur dan pada pagi harinya lupa bahwa dia sudah mengetik pesan. Seringkali apa yang dijawab di SMS. BBM, atau email tersebut tidak dlingat lagi ketika bangun paginya.

Jika Anda mulai mengalami sleep texting. secepatnya mulai melepas kebiasaan membawa handphone hingga ke tempat tidur, atau segera konsultasikan ke dokter Jika dirasakan sudah sangat menganggu. Menurut Andreas, gangguan tidur apa pun harus dicari sebabnya dan ditang-gulangi agar kualitas dan kuantitas tidur cukup.

“Gangguan tidur apa pun merupakan hal yang serius. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikannya. Gangguan tidur bisa membuat fungsi tubuh tidak maksimal dan bisa menganggu produktivitas,” ujar Andreas saat menjadi pembicara Kesehatan Tidur untuk Indonesia Lebih Balk’.

Tidur ada porsinya. Jika kurang akan menyebabkan mengantuk dan masalah kesehatan lain. Kelebihan pun bisa menimbulkan masalah. Sebaiknya tidur 7-8 Jam.

Berdasarkan data dari American Assc. of Cancer Research tahun 2008, disimpulkan, wanita aktif yang tidur kurang dari tujuh Jam tiap harinya punya risiko 47 persen lebih besar menderita kanker payudara. Berkaitan dengan Jantung dan pembuluh darah, orang yang tidur sekitar lima jam perhari memiliki risiko dua kali lipat menderita penyakit jantung. Sedangkan mereka yang tidur sembilah Jam perhari be risiko sekitar 1,5 kali.

Menurut Andreas, jika kurang tidur, sebenarnya tubuh memberikan tanda dengan mengantuk. Namun, banyak orang mengabaikannya atau tidak mengetahui tanda-tanda mengantuk. Salah satu tandanya, tidur belum berkualitas dan biasanya kurang jika pola bangun masih berantakan.

“Kalau bangun tidur harus pakai alarm itu tidurnya belum sehat. Mulai lupa, tidak teliti, kesalahan, ceroboh, dan tertidur di tempat keija. Jarang yang berpikir kecerobohan yang dilakukan karena kurang tidur atau tidur tidak sehat,” katanya.

Andreas mengatakan, obat mengantuk adalah tidur. Tidak ada zat apa pun di dunia yang dapat menggantikan efek restoratif tidur. Akan tetapi, berbagai usaha dilakukan orang untuk mengatasi rasa kantuk dengan minum kopi. minuman energi, dan suplemen. Padahal minuman itu hanya menunda kantuk. yang dibutuhkan tetap tidur.

“Kopi, suplemen. minuman energi hanya menunda. Tapi otak telah lelah. Jika terus dipaksakan akan menjadi lamban. kualitas keija justru menjadi Jelek,” katanya. Tidur yang teratur, akan membuat jam biologis berjalan teratur dan harus dipelajari oleh empunya tubuh. Tubuh bisa menentukan kapan lapar, kapan akan buang air besar, kapan mengantuk. dan kapan membutuhkan vitalitas untuk bekerja.

KESIMPULAN
Bangun Tidur Buka HP, Waspadai “Sleep Texting” Hal ini berkaitan dengan kebiasaan masyarakat saat ini yang tidak ingin jauh dari handphone. Perangkat gadget selalu dibawa sampai mau tidur pun seakan tidak ingin dilepas.

SUMBER                                      : KORAN WARTA KOTA
ARTIKEL LAINNYA           : Harga dan manfaat maximum protein synergy

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *