Teh Oolong Untuk Menurunkan Berat Badan

Secangkir Teh Oolong Untuk Tubuh Sehat

Di Indonesia pamor teh Oolong mungkin belum sepopuler teh hitam atau teh hijau. Tapi, tahukah Anda teh yang diproses melalui setengah fermentasi ini sangat kaya manfaat tubuh kita?

Pepatah mengatakan, “Minum teh setiap hari dapat membuat badan bugar, terhindar dari obesitas, dan panjang umur.” Ya, teh memang telah lama menjadi bagian gaya hidup sehat. Tak hanya di rumah, minum teh bisa dinikmati dalam acara formal maupun sambil santai bersama teman, kerabat, dan keluarga.

Namun, gaya hidup urban yang rentan akan radikal bebas kerap berisiko pada kesehatan dan kecantikan. Pemicunya yaitu makanan dan minum yang tak sehat, waktu istirahat kurang, serta rutinitas keseharian yang memicu tingkat stres tinggi. Bahkan, sekitar 85 persen individu berusia di atas 40 tahun memiliki penyakit terkait gaya hidup, seperti obesitas.

Oleh sebab itu, betapa pentingnya untuk konsisten menjalani pola makan yang sehat dan berolahraga teratur. Terutama bagi wanita karier yang aktif dan punya segudang aktivitas.

Meski sederhana, jangan pula lupakan ritual minum teh sebelum Anda beraktivitas. Di pagi hari, secangkir teh dapat membangkitkan semangat dan menjaga konsentrasi untuk tetap fokus. Beranjak siang, minum teh dapat membuat tubuh dan pikiran tetap segar dari kepenatan. Sedangkan di sore atau malam hari adalah waktu yang paling pas bagi Anda untuk berelaksasi melepas lelah dengan menikmati seduhan teh.

MANFAAT TEH OOLONG

Teh Oolong (dibaca ulong) adalah jenis teh tradisional Cina yang diproses secara unik. Sejak ribuan tahun lalu teh ini dibudidayakan dari tumbuhan teh Camellia Sinensis dan dikenal memiliki antioksidan terbaik. Daunnya dipetik lalu ditem-patkan dengan kelembapan dan temperatur tertentu untuk memungkinkan terjadinya oksidasi. Jika teh hijau tidak melalui proses oksidasi dan teh hitam melewati oksidasi sempurna, pada teh Oolong proses ini hanya berlangsung setengahnya.

Hal tersebut membuat teh Oolong punya khasiat istimewa. Dimana teh ini mengandung senyawa polifenol, theanin, kandungan mineral dan alkaloid yang berperan penting bagi kesehatan. Misalnya, kandungan polifenol membuat teh Oolong memiliki daya antioksidan 100 kali lebih besar dari vitamin C.

Selain itu, teh Oolong punya manfaat lain yang disukai banyak wanita. Untuk kecantikan, teh ini diyakini mampu mem-bersihkan racun dalam tubuh dan membuat kulit lebih halus dan lembut. Kandungan vitamin A, C, dan E dalam teh Oolong juga dipercaya dapat mengembalikan vitalitas, memperkuat kekebalan tubuh, mengurangi kerontokan rambut. Sedangkan untuk kesehatan, teh Oolong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar gula, eksim, risiko kanker, kardiovaskular, stroke, serta meningkatkan stamina tubuh.

Teh Oolong pun dikenal ampuh bagi mereka yang sedang berdiet. Sebab kandungannya dapat mempercepat metabolisme tubuh dan pembakaran kalori. Teh Oolong membantu menguraikan lemak dan mengeluarkannya lewat urine atau feses. Jika Anda tak ingin gemuk, meminum teh Oolong secara rutin jadi alternatif yang pas, bukan?

SEDUH DENGAN BENAR

Keunikan lain dari teh Oolong adalah memiliki rasa sedikit manis setelah diminum. Agar hasil seduhan optimal, seduh daun teh Oolong sebanyak 2 sendok teh untuk 1 teko teh ukuran normal selama 2-3 menit dan bisa diseduh berulang kali maksimum 3 kali. Rasa dan manfaat teh ini juga tetap sama saat disajikan hangat maupun dingin. Jadi, mulailah nikmati teh Oolong setiap hari untuk tubuh meningkatkan semangat dalam fas sehari-hari.

 

KESIMPULAN
Secangkir Teh Oolong Untuk Tubuh Sehat
memang benar, selain harganya murah & tempat mendapatkannya juga mudah. Jadi apa yang Anda tunggu untuk penunjang kesehatan Anda …?:)

GAMBAR

SUMBER : NOVA TABLOID
ARTIKEL LAINNYA : Makanan Diet Yang Lezat

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *