TENGGELAM

Penanganan Tenggelam

Kematian akibat tenggelam dapat terjadi dengan atau tanpa disertai masuknya air ke dalam paru-paru korban. Pada kondisi tenggelam, oksigen tidak dapat mencapai paru-paru dan organ-organ vital lainnya, termasuk otak, sehingga kemungkinan menyebabkan cedera otak. Near-drowning (hampir tenggelam) adalah suatu kondisi dimana seseorang telah tenggelam dalam waktu cukup lama dan ia berhasil diselamatkan serta dapat bertahan hidup setidaknya selama beberapa waktu.

Gejala

Near-drowning (Hampir tenggelam):

► Muntah

► Kulit teraba dingin

► Kulit pucat putih kebiruan

Apa yang dapat Anda lakukan

> Hubungi tim medis/bagian gawat darurat.

> Lakukan tindakan untuk menyelamatkan orang yang hampir tenggelam itu jika Anda terlatih dalam metoda penyelamatan dan dapat melakukannya tanpa membahayakan diri Anda sendiri. Jika Anda tidak dapat atau tidak memungkinkan untuk berenang guna menyelamatkan korban yang tenggelam, lemparkan jaket pelampung atau gunakan tiang, handuk atau perahu untuk meraih korban tersebut.

> Jika perlu, segera bebaskan jalan napas korban dan berikan pernapasan buatan bahkan ketika korban masih berada dalam air.


KESIMPULAN

Tenggelam , bisa mengakibatkan kematian jika Kita tenggelam dan air memasuki paru-paru Kita. Hindari Berenang jika Kita tidak bisa berenang. Jika mau berenang harus ada pengawas & instrukturnya.

Tenggelam

Tenggelam

 

Sumber : HEALTH GUIDE
Artikel Lainnya : Lebih Sering Makan Bersama

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *