TERSENGAT LISTRIK

Penanggulangan Tersengat Listrik

 

Sengatan listrik dapat menyebabkan cedera serius, termasuk luka bakar yang dalam dan kerusakan alat-alat tubuh bagian dalam (jantung, clan lain sebagainya), bahkan kematian karena mengakibatkan denyut jantung berhenti atau berdenyut tidak beraturan.

Penyebab

Siapa saja dapat terkena sengatan listrik di dalam atau di luar ruangan, baik karena secara tidak sengaja menyentuh kabel listrik yang tidak terlindungi atau tersambar petir. Bahkan sengatan listrik ringan dapat menyebabkan luka bakar, sedangkan sengatan listrik yang kuat dapat mengakibatkan kematian.

Apa yang dapat Anda lakukan

> Hubungi instansi gawat darurat rumah sakit terdeloit.

> Jangan menyentuh atau mendekat dalam jarak 20 meter dari seseorang yang tersengat listrik. Aliran listrik tersebut dapat melompat dan mengenai Anda. Jangan mencoba untuk menyelamatkan korban sebelum aliran listrik dimatikan. Jika memungkinkan, matikan arus listrik dengan memutuskan sumber utama listrik atau mencabut sekering.

> Bila korban sudah tidak lagi menyentuh kawat atau kabel, periksalah korban apakah ia masih bernapas dan jantungnya berdenyut. Jika terjadi henti napas, dan Anda terlatih untuk memberikan resusitasi atau napas buatan, berikan pertolongan segera.

> Tutup daerah yang terbakar dengan pembalut kering, steril atau bersih.

> Terlentangkan korban dalam posisi 45° dengan posisi kepala lebih rendah dan kaki. Posisi ini (Trendelenburg) digunakan sebagai manuver diagnostik untuk menilai kebutuhan resusitasi cairan dan/atau mengetahui status volume cairan tubuh penderita. Posisi ini bukan sebagai terapi dan penggunaannya hanya terbatas sebagai tes diagnostik, karena pada posisi ini korban mudah muntah dan tersedak dengan muntahannya sendiri (muntahan dapat masuk ke paru-paru dan mengakibatkan gangguan pernapasan.

> Selimuti korban atau tutupi dengan mantel untuk mempertahankan suhu tubuh. Dampingi korban hingga bantuan profesional medis tiba.

> Anda boleh mendekati korban yang tersambar petir. Jika tidak perlu, jangan memindahkan posisinya. Segera panggil instasi gawat darurat segera.

Tips pencegahan

> Tutup atau pasang pelindiung pada semua colokan listrik agar tidak terjangkau anak-anak.

> Jauhkan kabel listrik dari jangkauan.

> Jika banjir, matikan saklar di seluruh rumah untuk mencegah korsleting.

> Jangan menggunakan peralatan listrik ketika mandi atau ketika Anda lama keadaan basah.

> Periksa instalasi kabel di rumah setiap 10 tahun. Jangan menelpon atau menggunakan peralatan listrik selama hujan petir.

> Jika Anda berada di luar ruangan selama hujan petir, carilah perlindungan. Hindari air, tanah tinggi, ruang terbuka, tiang lampu, pagar logam, pohon, dan tenda.

 

KESIMPULAN

Tersengat Listrik, terjadi bisa karena kesalahan intalasi listrik atau kelalaian kita. Hindari & amankan instalasi listrik secara baik mulai dari penataannya. Dan jauhkan dari jangkauan anak-anak

Tersengat Listrik

Tersengat Listrik

 

Sumber : HEALTH GUIDE
Artikel Lainnya : Mengatasi saraf tegang

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *