Tingkat kesembuhan stroke tidak selalu sama

 

Kita tahu ada 20-an jenis stroke. Tingkat kesembuhan stroke tidak selalu sama Seperti apa gejala stroke pada seseorang ditentukan oleh di mana lokasi sumbatan pembuluh darahnya, seberapa besar sumbatannya, pecah tidaknya pembuluh darah. Tergantung di mana lokasi sumbatan atau perdarahannya, stroke digolongkan berat (dan tidak bisa pulih), bisa juga tergolong ringan (bukan perdarahan, hanya TLA, dan bukan di lokasi vital otak).

Tingkat kesembuhan stroke tidak selalu sama

Tingkat kesembuhan stroke tidak selalu sama

Untuk setiap jenis stroke, prognosis dan hasil tingkat kesembuhan stroke tidak selalu sama, kendati sama-sama ditangani dengan cepat dan benar. Itu maka, kesembuhan stroke memang tidak mungkin sama seragam untuk semua jenis stroke, dan bervariasi pula antara kasus yang sama untuk pasien yang berbeda. Termasuk di sini ditentukan pula apakah ada penyulit atau komplikasi lain, sudah seberapakah berat penyakit penyertanya (penyakit jantung atau ginjal), apakah serangan tergolong susulan, serta peran faktor usia.

Kita tahu sel otak yang sudah mati {in/arc) tidak bisa dipulihkan kembali. Jika sel-sel otak tak bisa diselamatkan, maka gejala sisanya barang tentu kecacatan sesuai dengan penataan anatomik fungsi otak pada area yang terkena. Kerusakan pada area vital otak menyisakan kecacatan yang lebih buruk dibanding kerusakan di area yang bukan vital.

Mustahil bisa memulihkan kembali fungsi otak yang sel-selnya sudah mati, kecuali dengan transplantasi jaringan otak yang sekarang sudah mulai dicoba. Jadi kalau ada pihak (nonmedis) yang mengaku bisa menyembuhkan semua kasus stroke yang sel-sel otaknya sudah mati, pengakuan itu agaknya berlebihan. Stroke yang berhasil disembuhkan hanya stroke yang sel-sel otaknya masih bisa diselamatkan. Dan itu sangat terikat dengan kecepatan dan ketepatan penanganan, yang untuk itu tidak ada kesempatan kedua.

Baca Juga Yang satu ini ...
Penyebab jerawat di punggung dan di dada

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menaril lainnya : Latihan Berat Beban untuk Saya

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *