Tips dan Trik Untuk Memaksimalkan Latihan Fitnes Anda

 

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan latihan Fitnes Anda sehingga Anda dapat merasakan kcmajuan dari apa yang telah dilakukan.

1. Istirahat

Sudah cukupkah istirahat Anda? Berapa jam Anda tidur dalam sehari. Kebutuhan setiap individu berbeda-beda, tetapi sebagai acuan, tubuh kita membutuhkan tidur sebanyak 7-9 jam dalam sehari. Ketika tidur, tubuh kita mengeluarkan sejumlah hormon, yang salah satunya bisa membantu tubuh kita untuk berkembang dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain istirahat tidur malam, perhatikan juga istirahat antar hari latihan. Anda tidak akan bisa .mengembangkan otot dada kalau Anda melatihnya setiap hari dengan harapan supaya cepat berkembang. Tubuh membutuhkan waktu 2-3 hari untuk istirahat sebelum Anda “menghajarnya” kembali dalam sesi latihan berikutnya.

2. Latihan yang berat untuk otot yang dimaksud

Bagi yang bilang “C.best saya kok tidak bisa berkembang, padahal sudah latihan rutin?”, cobalah menilai kembali latihan Anda. Apakah latihan Anda sudah berat? Banyak yang mengatakan sudah berat padahal melakukan pola latihan yang sama terus dengan beban yang sama (tidak menggunakan prinsip penambahan beban). Tubuh membutuhkan beban yang terus meningkat supaya otot juga beradaptasi seiring dengan beban yang bertambah tersebut.

3. Variasi

Gunakan variasi untuk menghilangkan kejenuhan dari otot Anda. Ketika pola latihan Anda tidak pernah berubah, tubuh akan beradaptasi dan kurang merespons latihan Anda. Gunakan urutan yang berbeda ketika latihan, beban yang berbeda, waktu istirahat yang berbeda, dan jumlah set yang berbeda. Dengan demikian, variasi ini bisa mengejutkan otot Anda dan kembali memicu adaptasi otot.

Tips dan Trik Untuk Memaksimalkan Latihan Fitnes Anda

Tips dan Trik Untuk Memaksimalkan Latihan Fitnes Anda

4. Lakukan kardio setelah berlatih beban

Kenyataan yang terjadi di lapangan adalah semua orang pasti melakukan kardio sebelum latihan beban. Ini akan menghabiskan tenaga Anda dalam berlatih beban, sehingga menghambat per-kembangan tubuh Anda secara signifikan. Usahakan latihan kardio di belakang, setelah selesai latihan beban.

Baca Juga Yang satu ini ...
3 Kiat Penting Meningkatkan Energi Bagi Wanita

5. Cukupi nutrisi yang tepat dalam jumlah seimbang

Apakah Anda sudah makan makanan sehat dan bergizi? Kurang gizi sangat menghambat perkembangan tubuh Anda. Entah mau membentuk otot ataupun mengurangi berat badan, kecukupan gizi harian Anda sangat penting.

6. Tambahkan beban selama Anda berlatih

Jika Anda sudah berlatih selama lebih dari satu bulan, coba perhatikan beban yang Anda pakai! Apa masih tetap sama ketika Anda memulai berlatih? Perkembangan yang baik seharusnya diikuti dengan penambahan beban secara berkala agar otot Anda tidak berhenti berkembang. Namun, jangan menambah beban secara drastis karena dapat menyebabkan cedera.

7. Jangan takut untuk berlatih beban, khususnya bagi perempuan

Bagi para perempuan, angkat beban dapat mengencangkan otot sehingga tubuh Anda tidak terlihat kendor. Selain itu, angkat beban diperlukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga Anda membakar kalori dan lemak lebih banyak, bahkan ketika Anda sedang duduk maupun tidur. Jangan takut bahwa latihan ini akan membuat Anda terlihat kekar karena perbedaan hormon pria dan perempuan sangat berbeda. Jadi, sekeras apa pun Anda berlatih, otot Anda tidak mungkin bisa sebesar pria.

8. Variasikan latihan kardio Anda

Melakukan rutinitas kardio yang sama dapat menjadi siksaan harian yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, variasikan latihan Anda. Anda bisa joging di dekat rumah pada pagi hari, bersepeda bersama, atau berenang. Variasi apa pun diperbolehkan karena memang pilihan berlatih kardio sangat banyak. Selain itu, memakai musik ketika Anda berlatih dapat mengurangi kebosanan.

9. Gunakan suplementasi untuk membantu program latihan Anda

Suplemen merupakan makanan tambahan yang dapat membantu program latihan Anda. Untuk mengencangkan dan membentuk otot, para pria dapat menggunakan suplementasi protein whey.Jika ingin mengurangi kadar lemak tubuh, Anda dapat menggunakan fat burner atau suplemen pembakar lemak. Suplemen dapat mempermudah Anda mencapaiW, tentu saja dengan pola latihan dan makan yang juga teratur.

Baca Juga Yang satu ini ...
Pentingnya Minum Cukup Air

10. Konsumsi makanan tinggi protein

Protein membantu mengontrol nafsu makan karena membuat kita merasa kenyang lebih lama. Salah satu asam amino yang terdapat di dalam protein, yaitu 1 leucine, membantu metabolisme lemak dan berguna membantu keberhasilan program fat loss.

Protein juga menjaga massa otot. Otot adalah jaringan yang senantiasa membakar kalori, bahkan ketika kita sedang beristirahat. Selain itu, protein juga membantu memperlambat penyerapan karbohidrat. Penyerapan karbohidrat yang terlalu cepat akan member energi yang sangat cepat dan berlebih bagi tubuh. Kelebihan energi ini akan disimpan sebagai lemak. Oleh karena itu, protein membantu mencegah penyimpanan lemak. Sejumlah manfaat lain yang diperoleh dari mengonsumsi protein adalah memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh, dan memulihkan tubuh lebih cepat.

Contoh sumber makanan tinggi protein adalah daging sapi bagian sirloin dan tenderloin, dada ayam, berbagai jenis ikan, telur, kacang-kacangan, susu whey protein, soy protein.

11. Kurangi konsumsi karbohidrat di hari tidak latihan

Ketika tidak berlatih, kurangi asupan karbohidrat Anda pada hari tersebut. Karbohidrat adalah sumber energi. Ketika Anda tidak melakukan aktivitas yang menggunakan energi tersebut, karbohidrat akan disimpan sebagai lemak. Solusinva adalah kurangi konsumsi karbohidrat pada hari tidak berlatih atau pilihlah karbohidrat yang baik, seperti nasi merah, oatmeal, atau roti gandum. Sebagai gantinya, tambahkan konsumsi protein seperti daging sapi, daging ayam, ikan, dan lain-lain.

12. Investasi alat sesuai dengan keperluan

Anda tidak perlu membeli semua alat yang disebutkan di buku ini. Mulailah program Anda dengan satu buah dumbbell seberat 3—5 kg, lalu naikkan seiring dengan perkembangan program Anda. Oleh karena itu, jangan berpikir bahwa Anda membutuhkan biaya mahal untuk berlatih di rumah.

Baca Juga Yang satu ini ...
Rubah Gaya Hidup Lebih Sehat di Tahun Baru dengan Tips Menarik Berikut

13. Tentukan motivasi Anda dan mulai tentukan komitmen Anda

Mengenai motivasi, pikirkan saja apa yang akan Anda dapatkan setelah menjalankan program Anda. Penampilan bagus, baju tidak sesak lagi, serta terbebas dari risiko penyakit jantung, stroke, atau penyakit ginjal. Oleh karena itu, fokuskan motivasi Anda pada manfaat yang akan Anda dapatkan ketika melakukan program fat loss ini.

14. Tentukan goal yang realistis

Tentukan goal yang realistis. Jangan berharap untuk turun 10 kg dalam dua minggu, karena penurunan berat badan yang masuk akal adalah 2-5 kg per bulan. Jika Anda menentukan goal yang tidak realistis, kemungkinan besar Anda akan kecewa karena tidak berhasil memenuhi target dan mulai putus asa. Oleh karena itu, tentukan goal yang masuk akal sejak awal program.

15. Konsistensi merupakan kuncinya

Badan atletis atau ideal tidak akan bisa dicapai dalam waktu satu minggu. Pengaturan pola makan dan olahraga secara teratur akan menimbulkan hasil yang sepadan. Konsistensi merupakan satu-satunya cara untuk mencapai goal Anda.

16. Kuncinya adalah pengurangan lemak tubuh, bukan berat badan

Parameter keberhasilan program fat loss adalah berkurangnya kadar lemak, bukan berkurangnya berat badan. Berat badan Anda sendiri bisa tetap walaupun kadar lemak Anda berkurang. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya massa otot. Untuk mengetahui secara akurat pengurangan massa lemak, Anda dapat menggunakan alat ukur fat monitor.

Semoga tips dan trik untuk memaksimalkan latihan Fitnes anda bermanfaat.

Sumber : Rahasia Diet 2

Oleh : The Home Gym

Baca artikel menarik lainnya : Jangan Berolahraga sehabis Makan

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *