Tips Puasa untuk ibu menyusui

Tips Puasa untuk ibu menyusui . Ternyata ibu menyusui masih boleh berpuasa.

Ibu yang sedang menyusui juga tidak dilarang berpuasa. Bayi tidak akan kekurangan gizi. Walaupun aliran air susu ibu (ASI) berkurang. tapi tidak mengu-rangi kualitas. Apalagi pemerahan ASI dilakukan saat berbuka. Pada siang hari. pasokan ASI berkurang. tapi bayi tetap harus dipenuhikebutuhan ASI-nya.

“Saat berbuka. bayi diberikan susu dari payudara langsung. Jika bayinva tidak mau minum lagi saat berbuka. ibu bisa memerah susunya untuk disimpan dan diberi siang harinya. Sebenarnya ini hanya salah satu cara agar bayi tetap bisa terpenuhi kebutuhannya.” kata dokter Taufik.

Tips Puasa ibu menyusui

Tips Puasa ibu menyusui

Sedangkan dr Utami Roesli SpA IBCLC FABM SELASI. mengatakan. ketika bayi berusia di atas enam bulan. ibu bisa berpuasa seperti biasa. Apalagi puasa hanya memindahkan jam makan. Jika hari biasa. makan terbagi tiga kali, pagi. siang. dan malam. Saat puasa. tetap tiga kali makan, sahur. berbuka. dan menjelang tidur.

Asupan makanan dengan kondisi seperti itu tetap bisa memberikan ASI kepada bayi. Jila bayi masih mendapat ASI ekslusif alias diberi ASI pada enam bulan pertama kelahiran. dokter Utami menyarankan tidak berpuasa dulu. Alas-annya. agar ibu menyusui bisa memenuhi kebutuhan bayinya. Pasokan ASI harus terus terjaga setiap saat.

“Puasa bisa diganti pada hari lain atau dengan menyimpan ASI. Saat Irfan Hakim (presenter televtsi—Red) dan isuinya naik haji. istrinya menyimpan ASI hingga dua kulkas.

Selama ibadah haji. si kembar tercukupi bahkan sampai pulang masih tersedia bebcrapa botol. Banyak cara bisa dilakukan agar bisa beribadah dan tetap menyusui.” kata dokter Utami saat menjadi pembieara Edukasi Laktasi Bagi Karyawan BCA. di Hotel Kempinski. Tanah Abang. Jakarta Pusat.

Baca Juga Yang satu ini ...
Distributor penjual proargi9 smart detox di bintang

Demikian Tips Puasa untuk ibu menyusui  semoga bermanfaat

sumber : warta kota Kamis 7 juli 2013

baca artikel menarik lainnya : Tips Sehat saat puasa ramadhan

 

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *