Tips Puasa untuk Lansia

Jika kita memiliki orang tua yang ingin tetap ikut berpuasa .Inilah Tips Puasa Untuk Lansia . 

Orang berusia lanjut yang akan menjalankan ibadah puasa harus dilihat lebih dulu kondisinya. Bila para lansta ini sehat. terkontrol penyakitnya, dan stabil kondisi fisiknya. mereka dapat berpuasa. Pasien geriatri. orang lanjut usia yang memiliki penyakit kronis. Pasien geriatri sudah pasti lanjut usia. Sedangkan lanjut usia belum tentu geriatri.

Menurut Purwita Wijaya Laksmi. staf divisi geriatri FKUI/RSCM, selama berpuasa,  asupan makan berkurang 12 persen dari asupan makan sehari-hari. Bagi orang berusia lanjut yang berpuasa Ramadan tidak mengalami gangguan fungsi ginjal selama asupan eairan terpenuhi.

Tips Puasa untuk LAnsia

Tips Puasa untuk LAnsia

Namun. orang lanjut usia. sering agak berkurang sensitivltas rasa hausnya. Perlu perhatian agar tidak kekurangan eairan. Kondisi hampir sama pada penderita penyakit kronis seperti diabetes mellitus. hipertensi. dan penderita jantung. juga tidak boleh kekurangan eairan.

Jauh-Jauh hari sebelum masuk bulan Ramadan, pasien geriatri harus kontrol ke dokter untuk memastikan pola minum obat disesuaikan dengan ibadah puasa. Biasanya. obat-obatan harus dikonsumsi. tetap diminum dengan jadwal yang disesuaikan pada saat sahur dan berbuka puasa. Hal itu dilakukan agar ibadah puasa tetap berjalan baik. penyakit tidak bertambah parah. dan kesehatan bisa meningkat.

sumber :warta kota

Baca artikel menarik lainnya : Tips puasa untuk ibu menyusui

 

banner smartdetox bawah baru

Baca Juga Yang satu ini ...
Solusi sembuh diabetes di usia 60 an dengan detox

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *