Tips sehat puasa Ramadhan

Inilah tips sehat puasa ramadhan : Perbanyak Makan Buah dan sayur

Berdasarkan data yang dikeluarkan WHO dan FAO tingkat konsumsi buah di Indonesia masih rendah, yaitu 2,5 porsi per hari.

rasa lapar dan haus selama 14 jam saat berpuasa bisa dikurangi dengan mengonsumsi banyak buah dan sayur. terutama saat sahur.

Sayur dan buah mengandung serat tinggi membuat perut kenyang lebih lama. Serat lebih lama diolah di dalam perut. Selain itu. serat yang larut membantu penverapan gula lebih lambat dan menjaga peningkatan kadar gula tidak berlebihan. serta tidak turun drastic.

“Saat berbuka disarank.ui makan dan minum yang manis agar gula darah cepat naik. Saat tubuh lemas. sebenarnya gula darah sedang tunin. Untuk cepat memulihkan harus segcra minum yang manis-ma-nis. Sangat disarankan makan kurma saat berbuka. Setelah salat magrib baru makan besar,” kata dokter spesialis Fiastuti klinis Tirta Prawita Sari saat menjadi pembicara dengan tema Puasa.

kesadaran mengonsumsi sayur dan buah masih sedikit. termasuk saat Ramadan. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Pangan Dunia (FAO) tlngkat konsumsi buah di Indonesia tergolong sangat rendah. yaitu 2.5 porsi per hari. Padahal rekomendasi WHO dan FAO adalah 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayur per hari. Padahal. di Indonesia, beragam buah mudah ditemui di pasaran. sehingga masyarakat tidak suln mcni ari buah yang diinginkan.

Ada dua jenis buah. yakni buah tropis dan non-tropis.

 

Kelompok buah tropis, seperti mangga. jeruk. jambu. manggis. papaya, dan rambutan. Sedangkan buah non-tropis. buah Udak tumbuh di negara tropis. seperti Indonesia. Biasanya buah-buahan jenis ini belum terlalu dikcnal masyarakat awam karena harganya relatif lebih mahal ketimbang buah tropis Indonesia.

Baca Juga Yang satu ini ...
Perlunya Pendidikan tentang Pola Makan Sehat

Dokter Fiastuti menga-takan. salah satu buah non-tropis yang lagi tren dikonsumsi masyarakat adalah kelompok berries. Buah dengan kata berry di belakang namanya ini terdiri dari dari macam-macam. antara lain, bilberry, blackberry, blueberry, cranberry, drewberry. huckleberry, lingonberry. cowberry, foxberry. redberry. mulberry, raspberry, dan stmuberry.

Namun yang popular dan blasa dikonsumsi masyarakat dunia ada lima, yakni blackberry, blueberry, cranberry, raspberry, dan strawberry. Di antara lima kelompok berry tersebut, strawberry atau stroberi sudah bisa dibudida-yakan di Indonesia. Tentu saja, penanamannya di tempat yang bersuhu sejuk.

Kelompok berries ini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Akan tetapi. tingkat konsumsi berries masih sedikit sekali di Indonesia. Hal itu disebabkan karena masyarakat belum mcmahami manfaat berries. Selain itu. buah masih jarang di pasaran sehingga harganya cende-rung mahal. kecuali stroberi.

“Buah dalam kategori keluarga barriers yang sering. dikenal dengan sebutan superfruits ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh yaitu anthocyanin, zat antioksidan yang tinggi. Di samping itu. buah berries juga kaya akan serat (liber) sehingga baik untuk pencernaan.” kata Fiastuti.

Tips sehat puasa Ramadhan

Tips sehat puasa Ramadhan

Masyarakat yang mengenali manfaat buah-buahan bagi tubuh, diharapkan dapat mengonsumsi buah-buahan secara teratur. Tidak hanya saat Ramadan, tapi dalam kehidupan sehari-hari juga harus mengonsumi buah. diluar bulan Ramadan.

sumber : warta kota 7 juli 2013

Baca artikel menarik lainnya : Gejala Demam berdarah dan pengobatannya

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *