Vitamin D mengurangi angka kematian

 

Vitamin D mengurangi angka kematian, Kalau saja menu di meja makan rumah normal, mestinya tidak bakalan kekurangan asupan vitamin D bagi tubuh. Kita tahu fungsi vitamin yang satu ini besar bagi pertumbuhan tulang-belulang dan gigi-geligi selagi masa pertumbuhan. Ia membantu metabolisme kalsium. Keseimbangan kalsium tubuh juga dibantu oleh hadirnya vitamin D. Kekurangan vitamin D yang ekstrem menimbulkan penyakit tulang Rikcets, atau penyakit Inggris.

Tak cukup hanya kecukupan asupan vitamin D dari menu harian. Percuma vitamin D tak terbentuk bila tak cukup terpapar sinar matahari. Negara yang kehilangan sinar matahari lebih separo tahun, di Inggris misalnya, terancam kena penyakit tulang Rickets. Terbentuk benjolan semacam tasbih di tulang dada dan struktur tulang terbentuk tak sempurna.

Vitamin D mengurangi angka kematian

Vitamin D mengurangi angka kematian

Cadangan tubuh sedikit

Tidak seperti vitamin A yang cukup besar cadangannya di dalam tubuh sekiranya asupannya berkurang. Vitamin D hanya tersimpan sedikit sebagai cadangan di hati dan gajih tubuh. Bila asupan vitamin D terus-menerus tak memadai, dalam waktu singkat sudah akan menderita kekurangan vitamin D. Sesuai dengan fungsinva, maka urusan tulang dan gigi jadi bermasalah.

Bukan saja lantaran asupan sumber vitamin D yang tak memadai saja penyebab tubuh menderita kekurangan vitamin ini. Tak jarang sebab penyerapan vitamin ini terganggu juga bila asupan lemak tak memadai. Kita tahu vitamin D, seperti halnya vitamin A, E, dan K, mem-butuhkan kecukupan lemak untuk menyerapnya.

Beruntung kita, karena matahari senantiasa hadir sepanjang tahun. Persoalan vitamin D di kita acap muncul lebih sebab asupan sumber atau bahan baku vitamin D yang tak memadai. Sekali lagi, normalnya tidak teijadi selama meja makan rumah terbilang lengkap.

Mereka yang pantang ketat mengonsumsi lemak dan yang berniat menguruskan badan, berisiko kekurangan vitamin D juga, karena berkurangnya porsi dan keberagaman menu harian. Mungkin keluhan dan gejalanya sebelum muncul penyakit tulang spesifik Rickets tidak selalu nyata, sehingga tanpa memeriksa kandungan vitamin D dalam darah, orang tak menginsafi kalau tubuhnya sedang kekurangan vitamin ini. Sekarang kedapatan pentingnya peran vitamin D dalam banyak penyebab kematian, khususnya oleh penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga Yang satu ini ...
Jangan Minum Grapefruit Jika minum Obat

Peran pada pembuluh darah tubuh

Dr. Harald Dabnig (Medical University of Graz, Austria) mengumumkan pentingnya vitamin D terhadap ancaman kematian akibat penyakit yang berada di belakangnya. Bukan saja soal menguatkan tulang belulang dan penyakit jantung pembuluh darah, ancaman terjatuh, risiko kanker, darah tinggi dan penyakit metabolik juga berkaitan dengan kecukupan vitamin D bagi tubuh.

Vitamin D berpengaruh terhadap pembentukan plaque dinding pembuluh darah yang bila dibiarkan menjadi sumber penvumbatnya. “Karat” lemak pembuluh darah ini terbentuk berangsur-angsur dalam hitungan puluhan tahun. Peran vitamin D dalam melarutkan butiran bekuan darah (fibrinolysis), sifat lemak darah, gumpalan sel pembeku darah (thrombogenicity), peremajaan sel-sel dinding pembuluh darah (endothelial rejuvenation), dan pertumbuhan sel-sel otot halus. Selain itu berefek pula terhadap pembentuk plaque (matrix metalloproteinase) sehingga pembuluh darah lebih rentan mengalami “pengapuran” {arterial calcification). Semua itu berkaitan dengan urusan kebugaran pembuluh darah tubuh, termasuk pembuluh darah jantung dan otak.

Oleh karena penyakit jantung dan pembuluh darah sekarang mengemuka, baik sebab gaya hidup, termasuk pola dan pilihan menu yang salah, maka kebugaran pembuluh darah menjadi fokus bagaimana agar risiko yang membuatnya menjadi lebih buruk, bisa ditekan dengan memberi kecukupan vitamin D.

Kita tahu pembentukan karat lemak teijadi lantaran selain kadar lemak darah (triglyceride dan cholesterol) melebihi normal untuk waktu puluhan tahun, dan ini bagian dari gaya hidup salah rata-rata orang sekarang. Selain itu, darah tinggi dan kencing manis yang dibiarkan merajalela, tingginya faktor stres, kurang gerak, dan polusi, merupakan faktor-faktor yang mempermudah terbentuk-nya sumbatan pembuluh darah (atherosclerosis) yang menjadi awal serangan jantung koroner dan stroke.

Kalau kondisi pembuluh darah sendiri sudah kurang bugar sejak awal, antara lain sebab kurang memadainya kecukupan vitamin D sang pembugar dan bikin awet muda pembuluh darah, maka pembuluh darah yang berkondisi seperti itu bakal lebih rentan terbentuk karat lemaknya.

Baca Juga Yang satu ini ...
Gejala penyakit yang disebabkan oleh Perangkat Keras

Kondisi darah, sel-sel dinding pembuluh darah, otot polos pembuluh darah, yang kesemuanya dipengaruhi oleh peran vitamin D berada dalam status buruk bila vitamin yang membugarkannya asupannva tidak mencukupi. Di situ posisi pentingnya peran vitamin yang selama ini mungkin kita abaikan.

Sumber : Cara sehat

Oleh : Dr. Handrawan Nadesul

Baca artikel menarik lainnya : Alergi terhadap Makanan Cokelat

banner smartdetox bawah baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *